SNMPTN vs Study Abroad, Mana Yang Lebih Hemat Dari Segi Biaya?

image source : https://euphoriaindia.advertroindia.co.in

Apakah kamu yakin bahwa kuliah di luar negeri itu lebih murah dibandingkan kuliah di negeri sendiri? Tentu saja harus yakin. Lebih lagi jika kamu melihat dari beragam aspek seperti apa yang kamu dapatkan setelahnya, apa yang bisa kamu lakukan ketika kuliah di luar negeri, dan jaminan masa depan cemerlang.

Semua itu memang tergantung pada dirimu sendiri. Akan tetapi, ini worth it untuk dipelajari, diyakini, dan diterapkan. Siapa tahu ini adalah takdirmu!

 

Kenali Kampus Mana Yang Kamu Pilih Dan Sebutkan Negara Tujuanmu!

Yap. Ini merupakan statement yang masih bisa dipertanggungjawabkan. Realistis saja. Jika kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri dengan budget terjangkau, cobalah lakukan survei terlebih dahulu.

Beruntungnya, tidak semua Universitas terkemuka dinilai dengan harga yang tinggi. Kamu dapat memilih beberapa kampus ternama di negara berikut ini.


Spanyol

Biaya kuliah di luar negeri bukan menjadi halangan lagi. Kamu bisa memilih negara Spanyol yang memberikan jaminan uang kuliah murah dengan mutu pendidikan berkualitas. Kamu akan dikenakan biaya kuliah sekitar 10 hingga 20 Juta per tahun dengan biaya hidup berkisar 20 juta.

image source : https://aseanop.com/short-term-visits-initiative-at-university-of-deusto-bilbao-spain/

Italia

Meskipun biaya pendidikan swasta di Italia terbilang mahal, kamu bisa memilih perguruan tinggi negeri berkualitas. Untuk program sarjana, kamu akan dikenakan biaya sebesar 13 Juta hingga 15 Juta Rupiah per tahunnya.

 

Austria

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah Austria memberikan peluang biaya murah hingga kuliah gratis pada semester pertama dan kedua. Selanjutnya, kamu akan dikenakan biaya kuliah di luar negeri sekitar 11 Juta Rupiah

 

Gambaran Rincian Biaya Kuliah Di Luar Negeri, Mana Yang Lebih Hemat?

Biaya kuliah negeri di Indonesia dianggarkan berdasarkan tingkat kemapanan orang tua. Apakah biaya yang ditargetkan lebih mahal atau lebih murah dibandingkan biaya kuliah di luar negeri?

Mari menyimak ulasan berikut.

Universitas Gadjah Mada

Biaya yang akan kamu keluarkan ketika memilih UGM tergantung pada pilihan UKT atau uang kulliah tunggal. UKT yang tersedia adalah UKT 0 hingga UKT 6. Ini berarti, biaya kulliah yang dibebankan adalah berkisar Rp.0,- sampai  dengan Rp.22.500,000,-

image source : https://kampusaja.com/profil-kampus-ugm-universitas-gadjah-mada-yogyakarta/

Universitas Indonesia

Universitas terkemuka di Indonesia ini menargetkan biaya kuliah dari Rp.0,- hingga Rp.15.000.000,-. Ini tergantung pada UKT yang kamu pilih.

 

Institut Teknologi Bandung

Jika kamu ingin berkecimpung di dunia Sains, Teknologi, dan sejenisnya, kamu dapat memilih ITB sebagai rekomendasi terbaik. Namun sebelumnya, biaya yang dikenakan adalah sekitar Rp.0,- hingga Rp.20.000.000,-

Itulah ulasan mengenai gambaran dana yang mesti kamu keluarkan untuk kuliah di luar negeri. mana yang lebih hemat berdasarkan gambarannya? Ternyata ini lebih hemat jika dibandingkan dengan dana yang mesti dikeluarkan untuk menjalani perkuliahan di negeri sendiri. Apakah kamu masih belum yakin? Jika iya, kamu bisa meminta bantuan konsultan pendidikan. NIEC akan membantu apa yang kamu butuhkan untuk kuliah di luar negeri, termasuk dan pendidikan yang akan kamu keluarkan. Segera kunjungi NIEC di www.niecindonesia.com.

Oleh : amyarie

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on vk
VK
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Heading Sub Title

Artikel Menarik Lainnya

X